Menghitung Harga Baja Ringan Per Batang

Harga baja ringan perbatang wija baja
Harga baja ringan perbatang wija baja ringan

Harga baja ringan perbatang wija baja ringan

Menghitung Harga Baja Ringan Per Batang. Bertahun-tahun lalu, rangka atap dari baja ringan belum terlalu populer. Tapi sekarang, seiring naiknya harga kayu dan juga pertimbangan ketahanan terhadap serangan rayap, sekarang malah semakin banyak hunian yang memakai atap baja ringan. Alasannya adalah baja ringan lebih murah dan awet. Ada juga alasan yang lebih “dalam”, yaitu mempertimbangkan faktor kelestarian alam.  Di pinggir-pinggir jalan, sudah banyak bertebaran toko-toko yang menawarkan jasa pemasangan rangka atap baja ringan untuk hunian atau gedung perkantoran.

Saya mendengar dari tetangga saya yang seorang pemborong rumah, harga baja ringan per batang adalah sekitar Rp 120 ribu per meter.  Berarti, misalkan saya mau menambah ruangan seluas 60 meter persegi dengan luas atap mencapai 100 meter persegi maka dibutuhkan biaya sekitar Rp 12 juta, itu belum termasuk genteng. Saya kemudian berpikir, “Dari mana murahnya?” Saya kemudian berdiskusi dengan tukang langganan saya  dan memperoleh jawaban yang sangat mengejutkan.

Pemasngan Atap Baja Ringan Secara Profesional

Pemasngan Atap Baja Ringan Secara teliti dan Profesional

Dia dan the winning teamnya langsung menyatakan sanggup untuk mengerjakan sendiri rangka atap baja dan untuk masalah harga baja ringan per batang tidak perlu perlu disubkontrakkan ke orang lain. Saya hanya tinggal beli materialnya kemudian nanti mereka yang memasangnya.  Saya sampai takjub karena pada waktu  itu, saya masih percaya keterampilan memasang baja ringan hanya dipunyai oleh segelintir orang. Ternyata tidak juga dan alhamdulillah, saya bisa menghemat biaya jasa pemasangan.

Pekerjaan selanjutnya adalah  menghitung kebutuhan harga baja ringan per batang dan material lain yang diperlukan. Setelah dicorat-coret, maka inilah kebutuhan material rangka atap baja ringan termasuk dengan biayanya untuk bangunan seluas total 60 meter persegi. Saran saya, sebaiknya anda berbelanja di toko khusus baja. Mungkin saja anda bisa mendapatkan promo atau diskon khusus harga baja ringan per batang karena anda membeli banyak baja ringan. Janganlah anda membeli baja di material, karena selisih harganya yang lumayan jauh, sekitar Rp 5.000-Rp 7.000 per batang. Itulah sekelumit kisah saya dalam membangun rumah dengan memakai atap baja ringan. Semoga bermanfaat untuk kalian semua.

PT Krakatau Steel merupakan BUMN yang bergerak dibidang produksi baja. Perusahaan yang beroperasi di Cilegon, Banten ini mulanya dibentuk sebagai wujud pelaksanaan Proyek Baja Trikora yang diinisiasi oleh Presiden Soekarno pada tahun 1960 untuk memiliki pabrik baja yang mampu mendukung perkembangan industri nasional yang mandiri, bernilai tambah tinggi dan berpengaruh bagi pembangunan ekonomi nasional

Pada saat ini, Krakatau Steel telah melakukan pengembangan dan perluasan wilayah usahanya dengan menggandeng perusahaan produsen baja besar dan ternama dunia seperti Pohang Iron & Steel Corporation dari Korea Selatan, Nippon Steel dari Jepang untuk meningkatkan kuantitas produksi dan kualitas produk baja Krakatau Steelyang terus mendorong percepatan diversifikasi produk, supaya perusahaan bisa menjangkau kebutuhan pasar lebih spesifik dengan harga yang kompetitif. Kerjasama tersebut menjadi peluang bagi perusahaan untuk meningkatkan kapasitas produksi baja Indonesia yang mulai berkembang, seiring dengan berlakunya UU no 9 Tahun 2009 tentang kewajiban untuk mengolah bahan tambang menjadi produk hilir tambang sekaligus memanfaatkan tren hilirisasi industri pertambangan.

PT. Krakatau Steel (Persero) Tbk mampu menghasilkan baja lembaran panas berkualitas tinggi untuk penggunaan khusus karena telah menjalankan proses kontrol thermomekanik dan proses desulfurisasi menggunakan ladle furnace.

Penggunaan baja lembaran panas meliputi aplikasi-aplikasi seperti yang tercantum di bawah ini:

  • Konstruksi Umum & Las
  • Pipa & Tabung
  • Komponen & Rangka Otomotif
  • Jalur Pipa untuk Minyak & Gas
  • Casing & Tubing Pipa Sumur Minyak
  • Tabung Gas
  • Baja Tahan Korosi Cuaca
  • Rerolling
  • Konstruksi Kapal
  • Boiler & Pressurized Container

Sumber: (id.wikipedia.org)

Industri Logam Semakin Pertebal Daya Saing

Industri logam mampu tumbuh mencapai 7,50 persen pada triwulan II tahun 2017 atau tertinggi dibandingkan sektor manufaktur lainnya. Namun demikian, industri induk (mother of industry) ini perlu semakin meningkatkan daya saing di tengah membanjirnya produk logam impor di pasar domestik dengan harga jual yang lebih murah.

Demikian dikatakan Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika, Kemperin, I Gusti Putu Suryawirawan, di Jakarta, Rabu (23/8). “Momentum pertumbuhan sektor industri logam ini harus terus dijaga, bahkan semakin ditingkatkan dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif bagi para investor. Selain itu, perlu adanya kebijakan perlindungan industri dalam negeri terhadap produk impor,” I Gusti Putu Suryawirawan.

Ia mengatakan, untuk menekan penggunaan jumlah produk impor dan mendorong tumbuhnya industri logam nasional, salah satu langkah keberpihakan yang telah dijalankan oleh pemerintah adalah melalui program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). “Upaya strategis ini memberikan dukungan agar menjadi pemicu penggunaan produk logam lokal, terutama terhadap proyek-proyek yang dibiayai oleh APBN,” tegasnya.

Lebih lanjut, Putu menjelaskan, program P3DN diharapkan dapat pula mendorong masyarakat maupun badan usaha supaya lebih menggunakan produk dalam negeri, memberdayakan industri dalam negeri melalui pengamanan pasar domestik, mengurangi ketergantungan produk impor, dan meningkatkan nilai tambah di dalam negeri.

“Salah satu bentuk konkritnya adalah dengan mewajibkan instansi pemerintah untuk memaksimalkan penggunaan hasil produksi dalam negeri dalam kegiatan pengadaan barang dan jasa yang dibiayai oleh APBN atau APBD,” imbuhnya.

Spesialis Pasang Rangka Atap Baja Ringan dan Kanopi 085711852000. Dengan Kualitas Terbaik dan Terjangkau.

Spesialis Pasang Rangka Atap Baja Ringan dan Kanopi 085711852000. Dengan Kualitas Terbaik dan Terjangkau.

Di samping itu, Kemperin terus menggalakkan program implementasi Standar Nasional Indonesia (SNI). “Penerapan SNI dapat dilakukan secara sukarela dan wajib. Hingga saat ini, produk industri logam sebagian besar SNI sukarela dan sekitar 27 SNI wajib,” ungkap Putu.

Bahkan, Kemperin fokus memacu program pengembangan industri logam berbasis sumber daya lokal karena prospek di masa mendatang masih cukup baik dilihat dari sisi permintaan yang sangat besar. “Maka peluang ini seharusnya direspon dengan meningkatkan suplai melalui optimalisasi utilisasi maupun investasi baru,” tuturnya.

Menurut Putu, potensi bahan baku di dalam negeri yang melimpah semestinya dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan daya saing produk domestik.

Hal ini telah dilakukan oleh beberapa industri logam nasional dengan melakukan perluasan usaha. “Misalnya ekspansi yang dilakukan oleh industri baja untuk memenuhi kebutuhan proyek infrastruktur dan sektor otomotif,” ujarnya. Sumber selanjutnya: (beritasatu.com)

 

Informasi yang berkaitan: Spandek Wija Baja Ringan

Baja ringan
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi
Loncat ke pencarian
Rangka atap baja ringan

Baja Ringan adalah baja karbon yang bersifat kaku dan kuat sehingga banyak digunakan untuk keperluan konstruksi. Baja ringan mempunyai feromagnetisme (magnet) yang berarti bisa juga untuk digunakan sebagai rangka mobil, membuat peralatan listrik dan senjata api.[1][2]

Sumber: id.wikipedia.org

Summary
Review Date
Reviewed Item
Menghitung Harga Baja Ringan Per Batang
Author Rating
51star1star1star1star1star