Alasan Memilih Rangka Baja Ringan

Kelebihan-Kekurangan-Bangun-Rumah-Dengan-Baja-Ringan wijabaja.com

Alasan Memilih Rangka Baja Ringan

Kelebihan-Dan-Kekurangan-Baja-Ringan dibandingkan kayu. wijabaja.com

Kelebihan-Dan-Kekurangan-Baja-Ringan dibandingkan kayu. wijabaja.com

Berikut 6 Alasan uama tersebut:

  1. Rangka baja ringan tidak akan dimakan rayap. Seperti kita ketahui, kualitas kayuyang banyak digunakan maupun yang ada di pasaran saat ini adalah kayu dengan kualitas 3 kebawah atau kurang baik. Tidak banyak lagi, bahkan sudah sangat jarang yang menyediakan atau menggunakan kayu kualitas bagus seperti kayu jati untuk membangun sebuaj bangunan. Oleh karena itu, pemilihan rangka baja ringan merupakan hal mutlak jika rangka anda ingin memiliki usia yang lebih awet.
  2. Baja ringan akan mempercepat durasi atau waktu pengerjaan suatu bangunan. Baja ringan yang sudah siap pasang tentunya akan banyak menghemat waktu pengerjaan berbagai proyek bangunan yang anda kerjakan. Bahkan sebuah rumah dengan type 36 bisa diselesaikan dalam waktu kurang lebih 1 minggu dengan menggunakan rangka baja ringan.
  3. Struktur rangka baja ringan yang tentunya lebih ringan daripada jika anda menggunakan kayu sebaagai rangka atap anda. Tentunya hal ini bisa mempermudah pengerjaan dan keamanan para pekerja anda lebih terjamin.
  4. Rangka baja ringan hemat biaya. Baja ringan tidak mudah lapuk. Bayangkan berapa banyak uang yang bisa anda hemat dengan fitur baja ringan in terutama dalam segi biaya perawatan bangunan anda kedepannya. Selain itu, menurut beberapa hasil survei yang ada, rumah type 42 yang dibangun dengan struktur atap baja ringan dan dinding bata, bisa dihemat biaya pembuatannya.
  5. Rangka baja ringan memiliki struktur atau material yang bisa disesuaikan dengan keadaan geografis sebuah daerah. Misalkan bangunan anda berada berada di pinggir laut atau pantai, maka rangka baja ringan yang anda gunakan akan dilapisi dengan bahan tertentu yang akan menyesuaikan dengan kontur wilayah pantai.
  6. Untuk menjaga lingkungan. Seperti yang kita tahu bahwa hutan di Indonesia tidak sehijau dahulu kala akibat pembalakan liar. Oleh karena itu dengan kita menggunakan atap baja ringan itu sama saja ikut menjaga lingkungan kita yang sudah terlanjur rusak tidak menjadi lebih parah lagi.
  7. Atap rangka baja ringan juga memiliki beberapa tingkatan kualitas yang bisa disesuaikan sesuai dengan kebutuhan atap rumah, tergantung ketebalan baja yang menyusunnya. Ini akan menghemat anda saat anda membangun rumah sederhana. Tidak perlu memakai atap rangka baja yang sama dengan gedung bertingkat.
Kelebihan-Kekurangan-Bangun-Rumah-Dengan-Baja-Ringan wijabaja.com

Kelebihan-Kekurangan-Bangun-Rumah-Dengan-Baja-Ringan wijabaja.com

Keunggulan baja ringan wijabaja.com

Keunggulan baja ringan wijabaja.com

Dalam praktek ada beberapa pertimbangan keunggulan pemilihan struktur baja ringan, antara lain:

  1. Kecepatan pemasangan
  2. Kerapihan
  3. Ringan
  4. Biaya
  5. Ketahanan terhadap kondisi lingkungan
Kelebihan Baja-Ringan wijabaja.com

Kelebihan Baja-Ringan wijabaja.com

kelebihan rangka atap baja ringan

kelebihan rangka atap baja ringan

 

Atap logam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Poienile de Sub Munte Obcina 07 2009.JPG

Église Saint-Marcel April 1, 2012.jpg

Rangka atap logam

Atap logam adalah bahan atap yang dibuat dari logam. Sebagaimana atap dari bahan lain, atap ini digunakan untuk mengatapi rumah atau bangunan.

Kelebihan dari Atap logam dibanding genting beton dan bahan atap lainnya adalah sangat ringan, beratnya hanya 1/10 dari genting beton. Atap logam ini sangat cocok digunakan di daerah rawan gempa atau yang memiliki tanah gambut (Kalimantan, Sumatera).

Tetapi setelah gempa di Yogyakarta, pandangan masyarakat di pulau Jawa mulai beralih ke Atap logam, dikarenakan apabila terjadi gempa proses pergeseran dari atap logam dapat diminimalisasi sebab antara satu dan lainnya merekat sangat kuat.

Terbukti oleh beberapa bangunan di Yogyakarta yang menggunakan atap logam seperti SDN Winongo dan Gereja Ganjuran yang atap logamnya tidak mengalami kerusakan yang berarti, dibanding menggunakan genting lainnya.

Karena ringan maka atap dari logam tidak membebani bangunan, juga memiliki warna-warna indah yang tidak mungkin dimiliki genting beton atau yang lainnya.

Tipe-tipe Atap logam[sunting | sunting sumber]

  • Galvanis – Kuat, murah dan biasa digunakan untuk bahan atap logam tradisional.
  • Alumunium – Walaupun tahan karat, tetapi alumunium memiliki kelemahan yaitu harga yang sangat mahal, sehingga tidak cocok untuk dijadikan bahan baku atap logam.
  • Zincalume – Zincalume adalah campuran dari Seng dan Alumunium

Sumber: id.wikipedia.org

Summary
Review Date
Reviewed Item
Baja Ringan Wija
Author Rating
51star1star1star1star1star